Sabtu, 22 Oktober 2011

Apa sih itu sampah?

Sampah?uuh kayaknya kedengerannya menjijikan banget ya?
Semua orang pasti akan berfikir jelek tentang sampah
Hari ini kita bahas tentang sampah yuk! :)
Sampah yaitu material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.
Hampir di tiap sekolah nih ada aja siswa siswi nya yang ngga sadar akan akibat dari membuang sampah sembarangan , atau dengan seenaknya aja membuang sampah di kolong bangku kelasnya , ngga banget deh siswa siswi yang kayak gitu kan bikin kelas jadi bau dan banyak nyamuk gaenak dipandang pula kan? , belum lagi kalo yang dibuangnya sampah basah , ih itu jorok banget!!
Kadang nih ya suka kasian aja liat regu kerjanya ngebersihin kelas sambil pake wajah2 gaenak gimana gitu , hihi

Sampah berdasarkan sifatnya :

  1. Sampah organik - dapat diurai (degradable)
  2. Sampah anorganik - tidak terurai (undegradable)
1. Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos.
2. Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton;

Nah sampah organik bisa dijadikan untuk bikin pupuk buat penyubur tanaman , sedangkan sampah kering bisa di daur ulang kembali menjadi barang-barang unik atau menarik juga berguna tentunya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar